Player

Wednesday, September 25, 2013

KRITIK IKLAN: INDOCAFE COFFEEMIX

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba mengkaji sebuah iklan produk minuman kopi sachet lokal. Iklan ini diletakkan pada cover belakang majalah TOTAL FILM INDONESIA #24, Edisi November 2011. Gambarnya terdapat di bawah ini

Indocafe Coffeemix
Iklan yang saya pilih adalah iklan INDOCAFE COFFEEMIX 3 in 1. Iklan ini merupakan one-page ad dan terletak di cover belakang majalah. Iklan ini memiliki layout yang simple, menampilkan foto full-body seorang wanita Indonesia berumur 20an sebagai ballerina di latar hitam pekat. Ballerina tersebut tampak sedang menari balet, dengan satu kaki diangkat di udara, seperti hendak melakukan pirouette. Pakaian dan tutu ballerina tersebut memiliki motif batik tradisional Indonesia, rambut ballerina dibuat bunhead. Terdapat teks "The perfect mix between international class and Indonesian taste."dengan font putih disebelah gambar ballerina. Gambar produk diletakkan di pojok kanan bawah dengan tagline The Perfect Mix dengan font berwarna cokelat. Logo Indocafe terletak di pojok kiri atas dengan ukuran kecil.

Pada permukaanya, iklan ini menggambarkan Indocafe Coffeemix sebagai produk yang berkelas Internasional, namun tetap dengan cita rasa tradisional yang sangat sempurna untuk lidah masyarakat Indonesia. Iklan ini secara tidak langsung mengemukakan bahwa dengan meminum produk Indocafe, akan menaikkan cita rasa dan kelas seseorang, sehingga seakan-akan konsumen adalah seorang penikmat kopi berkelas dan memiliki cita rasa yang tinggi.

Dengan layout yang simple dan background hitam, desainer berhasil memunculkan kesan mewah dan berkelas. Pemilihan balet yang memberikan kesan anggun juga mendukung konsep mewah dari iklan ini. Menurut saya, pembuat iklan ingin menciptakan kesan bahwa minum kopi sachet pun dapat terlihat mewah dan berkelas. 

Melihat keseluruhan iklan, saya mendukung dan berpendapat bahwa iklan ini cukup berhasil menarik perhatian. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar penikmat kopi adalah kaum Pria, dan umumnya mulai remaja ke atas, sehingga pemilihan perempuan muda yang cantik sebagai attention point dari iklan ini cukup sukses membuat pembaca majalah berhenti untuk melihat. Ide menggabungkan balet yang merupakan tarian internasional dengan batik Indonesia juga saya rasa cukup menarik dan efektif, karena dapat secara langsung menunjukkan bahwa produk ini merupakan produk asli dari Indonesia. 


DECISION: I'm a preferred reader!

No comments:

Post a Comment