Kita semua pasti sudah sangat familier dengan istilah Media Massa. Setiap hari kita secara langsung maupun tidak langsung pasti terekspose ke media massa. Koran, majalah, hingga televisi merupakan contoh media massa yang paling umum kita temui sehari-hari.
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas beberapa istilah yang berkaitan erat denga media massa.
Ideologi: Ide-ide tentang cara operasi hubungan kekuasaan (power relations) dalam budaya dan masyarakat
Setiap media memiliki ideologinya masing-masing. Ideologi inilah yang akan menentukan kemana dan bagaimana suatu informasi akan disampaikan ke khalayak luas. Perbedaan ideologi nantinya akan mengakibatkan perbedaan pandangan terhadap suatu isu tertentu.
Bentuk: Cara media membentuk produk-produk, seperti film atau koran
Setiap informasi yang hendak disampaikan tentunya memiliki bentuk medianya tersendiri agar dapat tersampaikan dengan baik. Sebagai contoh, untuk mempromosikan sebuah band, tentunya mereka akan menggunakan Radio sebagai media untuk memperkenalkan lagu band tsb, dan membuat Music Video untuk media visual spt TV dan internet.
Narasi: Aspek bentuk yang berkaitan dengan konstruksi cerita dan drama
Sebuah kisah atau iklan tentunya membutuhkan narasi agar pesan yang dimaksud dapat diterima dan tersampaikan dengan baik.
Genre: Fakta bahwa sebagian besar produk media terbagi ke dalam berbagai kategori atau tipe
Informasi, berita, dan benda dapat dikategorikan kedalam beberapa tipe yang masing-masing berfokus pada hal yang berbeda. Sebagai contoh dalam dunia perfilman terdapat genre Horror, Romance, Thriller, atau Comedy. Demikian juga dalam musik terdapat Genre Rock, Pop, Dangdut, Metal, dsb.
Representasi: Presentasi media terhadap berbagai kelompok sosial yang dikategorikan dengan banyak cara - antara lain gender, etnisitas, umur, dan kelas sosial.
Media dapat digunakan untuk mewakili sebuah golongan tertentu atau kepentingan tertentu. Dengan media, mereka dapat membangun citra yang hendak mereka bentuk di hadapan masyarakat.
Tidak hanya mencakup tipe-tipe spesifik (wanita-wanita tua) tapi juga tipe-tipe kolektif (kaum berusia lanjut), dan mungkin institusi/ kondisi 9usia lanjut, rumah orang berusia lanjut)
Semua ini dapat direpresentasikan, sering kali secara berulang dan dapat mengkomunikasikan makna-makna dominan
Audiens: Kelompok orang yang mngkonsumsi produk-produk media
Institusi: Organisasi-organisasi yang menjalankan dan mengontrol media
No comments:
Post a Comment